Apa Arti How Do You Do dan Jawaban How Do You Do

Pada sekitar tahun 2008, saya pertama kali mendengar kata how do you do dari lagu Roxete yang berjudul sama. Saat itu menurut pengalaman minim saya how do you do artinya “bagaimana kamu melakukan?”. Kata how do you do memang terdengar seperti pertanyaan. Padahal penggunaannya tidak demikian. 

Beberapa tahun kemudian, tepatnya pada akhir tahun 2014, saya mengikuti kursus bahasa Inggris di Pare atau Kampung Inggris, Kabupaten Kediri. Disinilah saya benar-benar pertama kali mengetahui Penggunaan how do you do dan bagaimana Jawaban how do you do.

Apa Arti How Do You Do dan Jawaban How Do You Do

Singkat cerita, tutor saya pada pertemuan pertama memasuki ruangan kemudian terjadi percakapan singkat bahasa inggris :
-----------------------------------------------------------------
Tutor : good morning (Selamat pagi)
Siswa : good morning sir (Selamat pagi pak)
Tutor : how do you do
Murid : ……………………….???
Murid lainnya :  (terdiam)
Murid Lainnya : I am fine (baik pak)
----------------------------------------------------------------
Selanjutnya, karena kami semua kebingungan, tutor kemudian menjelaskan bahwa kalau ditanya how do you do jawabannya apa, yaitu how do you do juga. 

Kalimat how do you do memang tidak membutuhkan jawaban, karena penggunaannya adalah untuk mengekspresikan perasaan ketika pertama kali berkenalan. Kalimat how do you do digunakan oleh orang yang baru bertemu untuk pertama kalinya.

Contoh penggunaan how do you do bisa kita lihat pada percakapan berikut ini :

Ani : Ayu, Let’s go to the market. I want to shopping. (ayu, ayo ke pasar, saya mau belanja)
Ayu : OK, But you have to buy me a gift for that. (OK, tapi kamu harus belikan saya hadiah)
Ani : OK. No Problem (OK, tidak masalah)

Ketika tiba di pasar, Ani bertemu dengan Mrs Taylor, guru bahasa Inggrisnya ketika sekolah, kemudian memperkenalkannya pada Ayu.

Ani : Mrs Taylor, how are yow ? (Bu Taylor, apa kabar bu ?)
Mrs. Taylor : I am fine Ani. And  you ? ( Baik Ani, kabarmu bagaimana )
Ani : I’m fine too. Mrs. Taylor, this is my friend, Ayu (saya Baik juga bu. Bu Taylor, ini teman saya, Ayu)
Mrs. Taylor : Hi, How do you do
Ayu : How do you do Mrs. Taylor

Sekarang, sudah bisa gak dapat gambaran, how do you do Mrs Taylor artinya apa ?

Kalau kita merujuk pada google translate, How do you do artinya “apa kabar?” menurut saya arti ini kurang cocok dan kurang sreg ditelinga saya karena how do you do akan dijawab dengan how do you do juga. Lagi pula, untuk bertanya kabar kan sudah ada pertanyaan “how are you?”. Itulah juga yang menjadi perbedaan how are you dengan how do you do. How are you membutuhkan jawaban mengenai keadaan kita yang sesungguhnya, sedangkan how do you do tidak. 

Berdasarkan percakapan antara Ani, Ayu dan Mrs. Taylor di atas, maka saya memberi kesimpulan bahwa arti dari kata how do you do adalah “senang bertemu dengan anda”. Karena tidak ada penjelasan yang jelas mengenai arti how do you do, maka semua tergantung selera. Tips menjawab how do you do sangat sederhana. Yang jelas, kita tahu bahwa how do you do digunakan dalam percakapan informal ketika baru bertemu dengan seseorang untuk pertama kalinya. Dan jika ditanya how do you do, jangan ragu untuk menjawab “HOW DO YOU DO

0 Comments