Nama-Nama Hari Dalam Bahasa Inggris dan Contoh Kalimatnya (LENGKAP)

Nama hari dalam bahasa inggris adalah vocabulary dasar yang harus dimiliki oleh siapapun yang belajar bahasa inggris. Nama hari dalam bahasa inggris dan artinya sudah diajarkan bahkan sejak kita masih anak-anak. Umumnya, semua anak kecil di Indonesia sudah menghafal dan mengingat nama hari-hari dalam bahasa inggris. Meskipun demikian, kalau anda sudah dewasa dan masih pemula belajar bahasa Inggris, maka tidak ada salahnya untuk mengetahui bahasa inggris hari-hari senin sampai minggu. Berikut ini adalah penjelasan mengenai nama-nama hari dan bahasa Inggrisnya serta contoh kalimatnya.



Hanya ada tujuh hari dalam seminggu, sehingga materi ini seharusnya bisa dihafal dalam waktu kurang dari 10 menit. Bahasa inggris nama hari bisa dilihat pada tabel di bawah ini :

Nama hari
Bahasa inggrisnya
Senin
Monday
Selasa
Tuesday
Rabu
Wednesday
Kamis
Thursday
Jum’at
Friday
Sabtu
Saturday
Minggu
Sunday

Dari 7 nama hari tersebut, biasanya kita mengelompokkannya kedalam dua bagian yaitu weekdays dan weekend. Weekdays adalah hari kerja yaitu hari Senin sampai dengan Jum’at dan weekend adalah hari libur yaitu hari Sabtu dan Minggu.

Tahukah anda !

Nama-nama hari dalam bahasa inggris dibuat untuk menghormati dewa-dewa tertentu yaitu Tiu, Wodan, Thor, Freya, dan Saturnus. Sementara itu hari Minggu berakar dari kata “Sun” atau matahari, sedangkan hari senin berakar dari kata “Moon” atau bulan.
nama hari dalam bahasa inggris

Setelah mempelajari hal-hal tersebut, tidak lengkap rasanya jika kita tidak melihat contoh kalimat bahasa inggris mengenai hari-hari tersebut. Berikut contohnya:


Contoh kalimat bahasa inggris hari senin

 

I always go to the gym every Monday (Saya selalu pergi ke tempat fitness setiap hari Senin)
In Monday, People in the world start their day to work (pada hari Senin, manusia di dunia memmulai hari mereka untuk bekerja)
I hate Sunday, because I have to wake up early again (Saya benci hari Senin karena harus bangun pagi lagi)


Contoh kalimat bahasa inggris hari selasa

 

I often see her on Tuesday morning in that café ( saya sering melihatnya pada hari Selasa di kafe itu)
Mark was in Berlin on Tuesday (Mark ada di Berlin pada hari Selasa)
Cici likes to the beach every Tueday (Cici suka ke pantai setiap hari Selasa)


Contoh kalimat  bahasa inggris hari rabu

In Wednesday, my girlfriend always come here (pada hari Rabu, temanku selalu datang ke sini)
I love to play Playstation with my friend every Wednesday ( saya suka bermain Playstation dengan teman saya setiap hari Rabu)
She has been here since Wednesday (dia sudah ada di sini sejak hari Rabu)


Contoh kalimat bahasa inggris hari kamis

Last Thursday, I went to Cinema with my girlfriend (pada hari Kamis yang lalu, saya pergi ke bioskop dengan pacar saya)
I always play with my kids in Thursday (saya selalu bermain dengan anak-anak saya pada hari Kamis)
My wife make my favorite food in Thursday (istri saya membuat makanan kesukaan saya pada hari Kamis)


Contoh kalimat bahasa inggris hari jumat

Friday is my favorite day, because tomorrow is FREE (Jum’at adalah hari kesukaan saya karena besok bisa BEBAS)
I always go to mosque for Pray in Friday afternoon (saya selalu pergi ke masjid setiap Jum’at siang)
My friend never go to the office in Friday ( kawan saya tidak pernah ke kantor pada hari Jum’at)


Contoh kalimat bahasa inggris hari Sabtu

My family have been here since Saturday for vacation (keluarga saya sudah ada di sini sejak hari Sabtu untuk liburan)
I love Saturday (saya cinta hari Sabtu)
I love to watching football every Saturday night (saya suka nonton pertandingan sepak bola setiap hari Sabtu Malam)


Contoh kalimat bahasa inggris hari Minggu

Lets go to the beach on Sunday (ayo pergi ke pantai hari Minggu)
Next Sunday, I will go on vacation with my family (Hari Minggu selanjutnya, saya akan pergi liburan bersama keluarga saya)
Sleeping in Sunday is my friend hobby (tidur pada hari Minggu adalah hobi kawan saya)


Demikianlah penjelasan bahasa inggris hari senin selasa rabu kamis jumat sabtu minggu serta artinya dan contoh kalimatnya.

0 Comments