Nama Bulan dalam Bahasa Inggris dan Contoh Kalimat Lengkap

Sama halnya dengan umumnya negara-negara lain di dunia, di Indonesia kita mengenal ada 12 bulan. Nama-nama bulan dalam bahasa Inggris pada pokoknya sama dengan nama bulan dalam bahasa Indonesia. Perbedaan nama bulan dalam bahasa inggris dengan bahasa Indonesia pada pokoknya hanya berbeda beberapa huruf dan juga cara pengucapannya. 



Perhatikan perbandingan nama bulan dan singkatan nama bulan dalam bahasa inggris seperti di bawah ini :

Bulan
Inggris
singkatan
Januari
January
Jan
Februari
February
Feb
Maret
March
Mar
April
April
Apr
Mei
May
May
Juni
June
Jun
Juli
July
Jul
Agustus
August
Aug
September
September
Sept
Oktober
October
Oct
November
November
Nov
Desember
December
Dec
















Berdasarkan tabel tersebut di atas, terlihat bahwa singkatan nama bulan dalam bahasa Inggris hanya terdiri dari 3 huruf awal, kecuali bulan September yang terdiri dari 4 huruf.

Setelah memperhatikan nama bulan dalam bahasa inggris dan singkatannya, maka selanjutnya perhatikan contoh kalimat menggunakan nama bulan dalam bahasa inggris berikut : 

Tahukah anda !!
Kalender yang kita gunakan saat ini adalah kalender Gregorian. Sumbernya adalah kalender Romawi. Kalender Romawi hanya mengenal 10 bulan, yaitu Maret sampai dengan Desember

1.    January

Nama Januari berasal dari nama dewa Romawi yaitu Janus,  dewa penjaga  gerbang masuk dan pintu keluar. Janus digambarkan dengan dua wajah, satu memandang ke masa lalu, yang lain ke masa depan. Pada zaman Romawi kuno, gerbang kuil Janus terbuka pada masa perang dan ditutup pada masa damai.

Contoh kalimat bulan Januari : 

Every January, people all over the world celebrate new year (setiap Januari, masyarakat di seluruh dunia merayakah pesta tahun baru)
Next January, my plan must be  ready (januari berikutnya, rencanaku sudah siap)
I would like to break up every January, so I can sing Glenn Fredly’s song with my heart (saya ingin putus di bulan Januari sehingga bisa menyanyikan lagu Glenn Fredly dengan sepenuh hati )

2.    February

Bulan Februari berasal dari kata Latin februa, artinya "membersihkan" .  Pada kalender Romawi, bulan Februari  dinamai Februalia, sebuah festival pemurnian dan penebusan yang berlangsung selama periode ini.

Contoh kalimat bulan Februari :

My best friend birthday in February (teman baik saya berulang tahun pada bulan Februari)
I never celebrate Valentine’s day in 14th February (saya tidak pernah merayakan hari Valentine pada tanggal 14 Februari)
February only has 28 or 29 days (Februari hanya ada 28 atau 29 hari)


Nama Bulan dalam Bahasa Inggris dan Contoh Kalimat Lengkap

3.    March

Berasal dari nama  dewa perang Romawi, Mars.  Pada kalender romawi, Maret adalah bulan pertama. Bulan Maret adalah waktunya untuk melanjutkan kampanye militer dan peperangan yang sebelumnya  telah terganggu karena musim dingin.

Contoh kalimat bulan Maret :

I have marching band competition in March (saya mengikuti kompetisi marching band di bulan Maret)
Would you like to pick me up in airport on 27th  May ? (bisakah kamu menjemput saya pada tanggal 27 Mei?)
March is a very busy day for football lovers, because we can watch champions league game every week (bulan Maret adalah bulan yang sangat sibutk bagi pecinta sepak bola karena kita bisa menonton pertandingan sepak bola liga champion setiap minggu)

4.    April

Berasal dari kata Latin aperio, yang artinya " membuka," karena tanaman mulai tumbuh di bulan ini. Intinya, bulan ini dipandang sebagai pembaruan musim semi. Ada juga yang menyatakan bahwa kata April berasal dari nama dewi Yunani, yaitu Aphrodite.

Contoh kalimat bulan April :

My grandfather passed away April last year (kakek saya meninggal April tahun lalu)
Lets go on a date in 20 April After I come back from London (ayo pergi kencan pada tanggal 20 April setelah saya kembali dari London)
I remember last April, I went to hike in Ijen mount (Saya teringat April kemarin, saya mendaki gunung Ijen)

Baca Juga :

5.    May

Berasal dari nama dewi Romawi Maia, yang merupakan dewi pemelihara yangmengawasi pertumbuhan tanaman. Juga dari kata Latin maiores, yang berarti “tua”,  yang dirayakan oleh para orang tua dan sepuh selama bulan ini. Maia dianggap sebagai pemelihara dan dewi bumi.

Contoh kalimat bulan Mei :

1st May is international labour day (1 Mei adalah hari buruh internasional) 
May is the fifth month in calendar  (mei adalah bulan ke lima dalam kalender)
May be, May is not so awesome (mungkin, bulan Mei tidak begitu luar biasa)

6.    June

Berasal dari nama dewi Romawi Juno, pelindung pernikahan dan kesejahteraan wanita. Juga dari kata Latin juvenis, berarti "anak muda."

Contoh kalimat bulan Juni :

I like June, because we don’t need to go to school (saya menyukai bulan Juni karena kita tidak perlu pergi ke sekolah)
In June, football league is off (pada bulan Juni, liga sepakbola dunia libur)
Fifa world cup usually start at June   (piala dunia FIFA biasanya dimulai pada bulan Juni)

7.    July

Dinamakan demikian untuk menghormati diktator Romawi Julius Caesar (100 SM - 44 SM) setelah kematiannya. Pada 46 SM, Julius Caesar membuat salah satu kontribusi terbesarnya untuk sejarah, dengan bantuan Sosigenes, ia mengembangkan kalender Julian. Kalender Juian adalah kalender sebelum kalender Gregorian yang kita gunakan saat ini.

Contoh kalimat bulan Julii :

Let’s go to Europe on July (ayo pergi ke Eropa bulan Juli)
I want to go to college test next July (saya ingin tes kuliah bulan Juli berikutnya)
What do you think about this July ? (apa yang kamu pikirkan tentang bulan Juli ini ?)

8.    August

Untuk menghormati kaisar Romawi pertama (dan cucu dari Julius Caesar), Augustus Caesar (63 SM.– AD 14). Augustus (kaisar Romawi pertama) berasal dari kata Latin "augustus," yang berarti terhormat, mulia, dan agung.

Contoh kalimat bulan Agustus :

Indonesian celebrate independence day on 17th August (Indonesia merayakan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus)
Will Corona virus end this August ? (apakah virus korona akan berakhir pada bulan Desember ini ?)
I want to back home in August, I feel homesick (saya ingin pulang kampung bulan Agustus karena sudah merasa kangen)

9.    September

September berasal dari kata Latin septem, yang berarti "tujuh," karena September adalah bulan ketujuh dari kalender Romawi awal. Setelah kelender romawi diperbaharui dengan menambahkan bulan Januari dan Februari, maka September sekarang menjadi bulan ke Sembilan.

Contoh kalimat bulan September :

UFC plan to make biggest fight of the year in September (UFC berencana untuk menghelat pertandingan terbesar tahun ini pada bulan September)
I need to buy printer before September end (saya perlu membeli printer sebelum bulan September selesai)
I have to back to fitness, so I can get ripped in September (saya harus kembali fitness, sehingga saya bisa ramping lagi saat bulan September)

10.    October

Dalam kalender Romawi kuno, Oktober adalah nama bulan ke delapan tahun itu. Namanya berasal dari octo, kata Latin untuk "delapan." Ketikakalender  Romawi bertambah menjadi 12 bulan, mereka mencoba untuk mengganti nama bulan ini. Akan tetapi setelah pergantian berbagai kaisar Romawi,  nama Oktober tetap gagal diganti.

Di Inggris Kuno,  ceritanya lainlagi. Bulan Oktober  disebut Winmonath, yang berarti “wine month” atau  "bulan anggur," karena ini adalah tahun ketika anggur dibuat. Bahasa Inggris juga menyebutnya Winterfylleth, atau "Winter Full Moon." Mereka menganggap bulan purnama ini sebagai awal musim dingin.

Contoh kalimat bulan Oktober :


In October, I don’t know what I have to do (pada bulan Oktober, saya tidak tau mau ngapain)
I saw the trailer before, we can watch the film in October (saya lihat cuplikannya sebelumnya, kita bisa nonton film itu di bulan Oktober)
I really want to meet you on October  (saya benar-benar ingin bertemu denganmu bulan Oktober)


11.    November

Dari kata Latin novem, "sembilan," karena ini telah menjadi bulan kesembilan dari kalender Romawi awal. Setelah kalender Romawi kuno diperbaharui seperti kalender saat ini, November menjadi bulan ke -11.

Contoh kalimat bulan November :

My brother was born on November 2000 (adik lelaki saya lahir pada bulan November tahun 2000
In Indonesia, 12th November is Father’s Day (di Indonesia, tanggal 12 November adalah hari ayah)
I always llike rain in November  (saya selalu suka hujan di bulan November)

12.    December

Berasal dari kata Latin decem,  berarti "sepuluh," karena ini telah menjadi bulan kesepuluh dari kalender Romawi awal. Sama halnya dengan September, October dan November, Bulan Desember juga tidak mengalami perubahan nama. Akan tetapi urutannya turun menjadi bulan ke 12 setelah ada tambahan 2 bulan baru di kalender.

Contoh kalimat bulan Desember :


What is your plan for vacation in the end of this December ? (apa rencana liburanmu pada akhir Desember ini ?
I never go autside my house in December because it  is so cold (saya tidak pernah keluar rumah pada bulan Desember karena sangat dingin)
Have you make resolution for next December  (apakah kamu sudah membuat resolusi intuk bulan desember berikutnya ?)

0 Comments