Materi Expressing Compliment dan Contoh Dialog Lengkapnya

Compliment artinya pujian. Expressing compliment berarti mengungkapkan pujian atau cara memuji. Pada materi expressing compliment, kita mempelajari ungkapan-ungkapan atau kalimat singkat dan pendek yang digunakan untuk memberikan pujian kepada lawan bicara. Dalam kehidupan sehari-hari, mengungkapkan pujian adalah sebuah bentuk apresiasi atas kerja keras, pencapaian ataupun sesuatu hal baru yang dimiliki oleh orang lain.


Pengertian dan manfaat expressing compliment

 

Exspressing compliment adalah kalimat yang digunakan untuk memuji orang lain atau lawan bicara terhadap pencapaiannya, kelebihannya, karakternya ataupun kepemilikannya.

Expression of compliment sangat berguna dalam berbagai situasi. Dapat meningkatkan semangat kerja karyawan, dapat meningkatkan rasa percara diri orang lain, bahkan menumbuhkan rasa cinta kepada lawan jenis.

Expressing compliment perlu dilakukan dengan berhati-hati, jangan sampai terlalu berlebihan sehingga membuah orang yang mendengar merasa risih. Expressing compliment harus diungkapkan dari dalam hati. Bukan karena ada keinginan tertentu.


Contoh kalimat expressing compliment 

 

Berikut ini contoh kalimat compliment yang bisa langsung digunakan dalam kehidupan sehari-hari:

Your voice sound amazing    (suaramu terdengar luar biasa)
Their lifestyle are awesome   (gaya hidup mereka sangat luar biasa)
I like the way you tell me a story   (saya menyukai caramu bercerita padaku)
I like your character   (saya menyukai karaktermu)
I am proud of you, my son   (aku bangga padamu, anakku)
That is an amazing journey   (itu adalah perjalanan yang luar biasa)
That’s brilliant   (itu luar biasa)
What a beautifull smile you have !   (betapa indah senyum yang kamu punya)
What a big cute cat is that   (betapa besar dan lucunya kucing itu)
You look wonderfull tonight honey   (kamu terlihat luar biasa malam ini, sayang)
I admire the fact that you are a philantrophist   (saya mengagumi  fakta bahwa kamu adalah seorang dermawan)
You have really beautifull eye   (kamu mempunyai mata yang betul-betul indah)
Your achievement is so great   (pencapaianmu sungguh luar biasa)
Well done, bro   (kerja bagus, kawan)
Excellent work!   (hasil kerja yang luar biasa sempurna)

Terkadang, untuk mengungkapkan expression of compliment, kita juga menggunakan interjection atau kata seru dalam bahasa Inggris


Materi Expressing Compliment dan Contoh Dialog Lengkapnya

Jawaban expressing compliment

 

Sekarang, kita sudah tahu bagaimana cara mengungkapkan pujian kepada orang lain. Pertanyaannya, bagaimana jika kita yang dipuji, apakah kita harus tersipu malu atau memberikan jawaban terhadap pujian tersebut ? berikut ini adalah jawaban terhadap expressing compliment yang diutarakan oleh orang lain :

Thanks (terima kasih)
Thank you (terima kasih)
I am happy to hear that (saya senang mendengar itu)
Yeah, I know I can do it (ya, saya tau saya bisa melakukannya)
Thanks a lot for your compliment (terima kasih banyak atas pujianmu)
I really appreciate that (saya sangat mengapresiasi itu)
Oh, you make may day  (oh, kamu membuat hariku bahagia)
Really, thanks for say it  (sungguh ? terima kasih telah mengatakan itu)

Contoh dialog compliment

 

Berikut ini adalah 4 contoh dialog expressing compliment singkat :

 

Dialog 1

Andy : Hi Lisa, how are you today ? (hi, lisa, bagaimana kabarmu hari ini ?)
Lisa : Great, I just get information that I pass the test to Harvard (luar biasa, saya baru saja dapat info bahwa saya lulus tes masuk Harvard)
Andy : WOOOWWW.. That’s Amazing, I know you can do it. You are a smart girl (woooow,,, luar biasa.. saya tahu kamu bisa melakukannya. kamu adalah wanita yang sangat cerdas
Lisa : thanks a lot. I am happy to hear that (terima kasih banyak. Saya senang mendengar itu)

Dialog 2

Lisa : Hey mom, look at my new dress ? (hey Ibu, lihat baju baru milikku ini?)
Mom : what a beautifull dress is that !  (betapa indahnya baju itu)
Lisa : Really Thanks for saying it (benarkah, terima kasih telah memujinya)
Mom : where did you buy it  (kamu beli dimana baju itu ?)
Lisa : I didn’t buy it. It is a gift form Andy (saya tidak beli. Ini adalah hadiah dari Andy)
Mom : Andy is really a nice boy (Andy memang lelaki yang baik hati ya)

 

Dialog 3

Lisa : Dad, I got an E-mail that I pass the test to Harvard ? (ayah, saya dapat e-mail bahwa saya lulus masuk Harvard )
Dad : Really ? I’m proud of you, my beautifull daughter (serius ? ayah bangga pada kamu , anak gadisku yang cantik)
Lisa : but, I’m sad because I have to leave you all (akan tetapi, saya sedih karena harus meninggalkan kalian semua )
Dad : It is doesn’t matter , this is a big chance. Harvard is a great university in the world (tidak masalah. Ini adalah kesempatan besar. Harvard adalah universitas besar di dunia)
Lisa : Thank you dad, I really appreciate that (terima kasih Ayah, saya sangat mengapresiasi itu)

 

Dialog 4

Andy : Lisa, I am in the front of your house now (Lisa, saya ada di depan rumahmu sekarang)
Lisa : Wait a minute, I am coming (tunggu sebentar, saya akan segera datang)
Andy : Lisa, You look wonderfull tonight ? (Lisa, kamu terlihat luar biasa mala mini)
Lisa : Really, are you serious ? (benarkah? Apakah kamu serius ?)
Andy : off course, you are the most beautifull girl in the party tonight (tentu saja. Kamu akan menjadi wanita yang paling cantik di pesta malam ini)
Lisa : thanks a lot for your compliment Andy (terima kasih banyak atas pujianmu Andy)

Setelah memperhatikan dialog di atas, apakah menurut Anda expressing compliment itu sulit ? expressing compliment adalah hal yang sangat mudah dilakukan, asalkan jangan pernah berlebihan. Pujilah secukupnya.

0 Comments