Alfabet Dalam Bahasa Inggris dan Cara Pengucapan (LENGKAP)

Langkah awal dalam belajar pronunciation dalam bahasa inggris adalah mengerti mengenai alfabet bahasa inggris dan cara pengucapan alfabet-alfabet tersebut. Enaknya, alfabet dalam bahasa inggris sama dengan yang ada di dalam bahasa Indonesia. Tidak ada huruf-huruf unik dan tanda-tanda titik yang aneh seperti umlaut dalam bahasa Jerman ataupun huruf-huruf asing yang hanya bisa kita lihat pada bahasa Turki, Spanyol atau Norwegia. Perbedaan pokok alphabet bahasa inggris dengan alfabet bahasa Indonesia adalah pada cara pengucapannya.

A = ei [eɪ]
B = bi [biː]
C = si [siː]
D = di [diː]
E = i [iː]
F = ef [ɛf]
G = ji [dʒiː]
H = eic [eɪtʃ]
I = ai [aɪ]
J = jei [dʒeɪ]
K = kei [keɪ]
L = el [ɛl]
M = em [ɛm]
N = en [ɛn]
O = ou [oʊ]
P = pi [piː]
Q = kiu [kjuː]
R = ar [ɑr]
S = es [ɛs]
T = ti [tiː]
U = yu [juː]
V = vi [viː]
W = dabel yu  [ˈdʌbəl juː]
X = eks [ɛks]
Y = wai [waɪ]
Z = zed [zɛd]


Alfabet Dalam Bahasa Inggris dan Cara Pengucapan


Seperti kita lihat di atas, jumlah alphabet kita sama dengan bahasa Inggris yaitu 26. Dari 26 alfabet tersebut yang pengucapannya sama dengan bahasa indoensia hanya ada 8 huruf. Coba cari sendiri ya huruf apa saja yang pengucapannya sama.

Dengan memahami alfabet, maka kita bisa menerka-nerka cara membaca kata-kata yang baru dan asing yang baru kita temukan. Masalahnya, bahasa Ingris memang unik, cara membaca dengan cara mengeja huruf bisa berbeda. Misalnya :

Freedom  dibaca friidom (ee dibaca ii)
Nice dibaca nais (huruf I dibaca ai sedangkan huruf c berubah menjadi s dan huruf e diakhir tidak terdengar)
People dibaca pipel (huruf o yang ditengah hilang saat pengucapan, sedangkan huruf e yang ada di akhir terdengar lebih awal dari huruf l)

Begitulah, belajar bahasa Inggris memang unik. Alfabet yang dibaca dengan cara yang berbeda membuat banyak pemula kebingungan juga. Akan tetapi, kita tidak perlu khawatir karena seiring dengan berjalannya waktu dan sudah terbiasa, lidah kita akan menyesuaikan dengan keadaan juga.

0 Comments