Perbedaan Him dan Her Bahasa Inggris dan Contoh Kalimat Menggunakan Him dan Her

Him dan her adalah pronoun atau kata ganti dalam bahasa Inggris. umumnya, para pemula kurang mampu memahami perbedaan him dan her dalam bahasa Inggris. sebenarnya, untuk memahami perbedaan her dan him, maka hanya diperlukan waktu yang lebih banyak untuk belajar dan membaca artikel-artikel dan tulisan-tulisan berbahasa inggris. untuk pemula, agar bisa memahami cara penggunaan pronoun him dan her, maka sebaiknya memperhatikan contoh kalimat him dan her dan artinya secara lebih mendalam.

Her artinya dalam bahasa Indonesia ada 2. Bisa sebagai objek dan bisa menyatakan kepunyaan. Sedangkan him sebagai pronoun artinya hanya sebagai objek. Him adalah kata ganti orang ketiga tunggal berjenis kelamin laki-laki, sedangkan her adalah kata ganti orang ketiga tunggal berjenis kelamin perempuan.

Contoh sederhana :

 I miss him    --------->  artinya aku merindukannya.
“nya” yang dimaksud adalah laki-laki. Pada kalimat itu, sosok yang dirindukan adalah seorang laki-laki.

Sedangkan’
I Miss Her ----------> artinya aku merindukannya.

“nya” yang dimaksud adalah perempuan. Pada kalimat itu, sosok yang dirindukan adalah seorang perempuan.
Artinya kedua kalimat di atas sama, yang membedakan hanya jenis kelamin objek yang dirindukan, yaitu HIM dan HER.

Perbedaan Him dan Her Bahasa Inggris dan Contoh Kalimat Menggunakan Him dan Her

 

Contoh kalimat penggunaan him dalam bahasa Inggris

 

Seperti yang disebutkan di atas, fungsi kata him hanya satu, yaitu sebagai kata ganti objek. Contoh kalimat yang menggunakan him sebagai pronoun yaitu :

I like him, because He always helps people. ( saya menyukainya karena dia selalu menolong orang lain)
We take him to the beach to celebrate my birthday. ( kami membawanya ke pantai untuk merayakan ulang tahunku)
They buy him a book He wants for a long time. ( mereka membelikannya buku yang dia inginkan sejak lama)
 I am looking for him now ( saya sedang mencarinya sekarang)
She loved him so much long time ago. (dia sangat mencintainya  waktu dulu)
Pada kelima contoh penggunaan him di atas, him bisa digunakan setelah kata kerja atau setelah kata depan (preposition). Perhatikan juga contoh kalimat di bawah ini :

I am playing Playstation with Yudi now  (saya bermain Playstation dengan Yudi sekarang)
Kalimat itu bisa diubah menjadi :
I am playing Playstation with HIM now  (saya bermain Playstation dengannya sekarang)

Him bisa menggantikan nama orang yang menjadi objek dari suatu kalimat. Contoh lain:

I always go to school together with Andi ---> I always go to school together with him
Artinya : saya selalu pergi ke sekolah dengan Andi, menjadi saya selalu pergi ke sekolah dengannya (Andi)
We played basketball with  Rudi yesterday ---> We played basketball with him yesterday
Artinya : Kami bermain bola basket dengan Rudi kemarin, diubah menjadi kami bermain bola basket dengannya (Rudi)
I ussualy go to the cinema with my boyfriend ---> I ussualy go to the cinema with him
Artinya : saya biasanya pergi ke bioskop dengan pacar saya, diubah menjadi saya biasanya pergi ke bioskop dengannya (pacar)


Contoh kalimat penggunaan her dalam bahasa Inggris

Her artinya terbagi menjadi 2, yaitu sebagai objek dan untuk menyatakan kepemilikan. Contoh kalimat her sebagai objek:
We called her to come to the party (Kami menelponnya untuk datang ke pesta)
I asked her to buy me some medicine ( saya memintanya membelikan saya obat)
He meet her in the station (dia bertemu dengannya di stasiun)
They talk with her last Sunday (mereka berbicara dengannya hari minggu kemarin)
You like her or not ? (kamu menyukainya atau tidak ?)

Kalimat itu bisa diubah menjadi :

We called Asti to come to the party (Kami menelpon Asti untuk datang ke pesta)
I asked Mitha to buy me some medicine ( saya meminta Mitha membelikan saya obat)
He meet Dian in the station (dia bertemu dengan Dian di stasiun)
They talk with Linda last Sunday (mereka berbicara dengan Linda hari minggu kemarin)
You like Lisa or not ? (kamu menyukai Lisa atau tidak ?)

Kalimat-kalimat di atas adalah contoh penggunaan her sebagai objek. Perhatikan kalimat penggunaan her untuk menyatakan kepunyaan berikut ini :
This is her bag ( ini adalah tasnya)
Yudi is her boyfriend ( Yudi adalah pacarnya)
I am her father ( saya adalah ayahnya)
Her skin is so white ( kulitnya sangat putih)
Her mother is a lawyer  ( ibunya adalah seorang pengacara)

Contoh lain penggunaan her untuk menyatakan kepunyaan :
Today is Mitha’s birthday ----> Today is her birthday
Artinya : hari ini adalah ulang tahun mitha, diubah menjadi hari ini adalah ulang tahunnya (Mitha)

Let’s go to Asti’s house ----> Let’s go to her house
Artinya : ayo pergi ke rumah Asti, diubah menjadi ayo pergi ke rumahnya (Asti)

This is Ardi’s car ------> this is his car
Artinya : ini adalah mobil Ardi, diubah menjadi ini adalah mobilnya (Ardi)

This is my wife’s favorite film ------ > this is her favorite film
Artinya : ini adalah film kesukaan istri saya, menjadi ini adalah film favoritnya (istri saya)

Berdasarkan contoh-contoh kalimat yang menggunakan him dan her di atas, maka saya yakin rekan-rekan pembaca semua sudah bisa membedakan fungsi penggunaan him dan her dalam bahasa inggris. HIM digunakan untuk kata ganti laki-laki sebagai objek sedangkan HER digunakan untuk kata ganti perempuan sebagai objek atau untuk menyatakan kepunyaan atau kepemilikan.

HIM hanya memiliki satu fungsi sedangkan HER memiliki 2 fungsi. 

Nama-nama orang seluruhnya bisa diganti dengan menggunakan HIM atau HER.

Berbicara tentang pronoun, maka ada 9 pronoun dalam bahasa Inggris, meliputi personal pronoun, possessive pronoun, reflexive pronoun, intensive pronoun, demonstrative pronoun , indefinite pronoun, interrogative pronoun, relatife pronoun, dan reciprocal pronoun..

0 Comments