Contoh Daily Activity Untuk Pelajar, Mahasiswa, Pegawai dan Artinya

Ada 5 fungsi simple present tense. Salah satu fungsinya adalah menyatakan perbuatan atau kejadian yang berulang-ulang sehingga menjadi kebiasaan. Daily activity adalah salah satu cerita yang menggunakan simple present tense. Daily activity menceritakan pola kejadian secara berulang atau kebiasaan seseorang, baik itu adalah pelajar, anak pesantren, mahasiswa, pegawai, ataupun pekerja. Bahkan kegiatan dan kebiasaan yang dilakukan di rumah ataupun saat liburan termasuk daily activity yang diceritakan dengan menggunakan simple present tense. 



Daily activity berisi cerita mengenai keseharian seseorang mulai dari bangun tidur hingga akhirnya ia tertidur kembali pada malam harinya. Tentunya, daily activity setiap orang berbeda-beda. Oleh karena itu, pada tulisan ini akan membahas daily activity dari beragam usia yang berbeda-beda pula. 

Contoh daily activity pelajar

 

Daily activity atau keseharian pelajar umumnya berisi mengenai kegiatan persekolahan. Membahas daily activity untuk anak sekolah bagus untuk membuka pergaulan dan saling mengenal dengan teman atau murid lainnya. Untuk itu, perhatikan contoh daily activity pelajar berikut ini :

My name is Amir. I usually wake up at 5 o’clock in the morning. There are many activities I do on my routine. I clean my bed as soon as possible because I have to pray. After that, I use my time to jog and prepare my book for school. I also clean my house garden with my father.

In 6 o’clock, I take a bath, brush my teeth and clean my body. After that I back to my room and choose my uniform to wear. After wear my uniform I go to the kitchen and eat breakfast with my family. Right at 6.45 I go to school.

I usually arrive at school at 7 o’clock. I never late to school because my discipline routine in the morning. I study till 12 o’clock, because 12.00 pm is time for rest until 12.30 pm.  In the rest time I eat lunch and pray again to the god. I come back home at 2 pm everyday. 

I usually take a rest after study at school, so in my house I just enjoy my time with my family. In 3.30 pm, I pray to the god again, and then play together with my friend. I come back home at 5.30 pm  to take a bath. Because I’am a moeslim, I pray again at 6 o’clock and 7 o’clock. After that I eat dinner with my family and finally we watch TV together. At 9 o’clock, I back to my bedroom and make make my home work. And in the end, I usually sleep at 10 pm. 

Daily activity pelajar tersebut mungkin saja terlalu panjang untuk dipahami. Untuk mempersingkatnya kita bisa membuat Contoh daily activity dalam bentuk tabel. Untuk contoh  tersebut di atas, daily activity Amir adalah sebagai berikut :

Time
Activity
5 am
Wake up
5.05 am
Clean bedroom
5.10 am
Pray
5.20 am
jogging
5.45 am
Prepare book
5.50 am
Clean garden
6 am
Take a bath
6.15 am
Wear uniform
6.30 am
Breakfast
6.45 am
Go to school
7 am
Arrive at school
7 am – 12 am
Study in the class
12.01 pm- 12.30 pm
Rest, pray and eat lunch
2 pm
Come back home
2 pm – 3.30 pm
Rest and enjoy time with family
3.30 pm
pray
3.40 pm-5.30 pm
Play with friend
5.30 pm
Come  back home, take a bath
6 pm-7.15 pm
Pray
7.30 pm
Eat dinner
8 pm-9 pm
Watch TV
9 pm-10 pm
Do homework
10 pm
Sleep

Berdasarkan contoh daily activity di atas, maka kita perlu mengetahui Contoh daily activity bahasa Indonesia yang dilakukan oleh Amir di atas.

Nama saya Amir. Saya biasanya bangun jam 5 pagi. Ada banyak kegiatan yang saya lakukan pada rutinitas saya. Saya membersihkan tempat tidur saya sesegera mungkin karena saya harus berdoa. Setelah itu, saya menggunakan waktu saya untuk jogging dan menyiapkan buku saya untuk sekolah. Saya juga membersihkan taman rumah saya dengan ayah saya.

Pada jam 6 pagi, saya mandi, menyikat gigi, dan membersihkan tubuh. Setelah itu saya kembali ke kamar saya dan memilih seragam untuk dipakai. Setelah mengenakan seragam saya, saya pergi ke dapur dan sarapan bersama keluarga saya. Tepat pukul 6.45 saya pergi ke sekolah.

Saya biasanya tiba di sekolah pada jam 7. Saya tidak pernah terlambat ke sekolah karena disiplin saya rutin di pagi hari. Saya belajar sampai jam 12 siang, karena jam 12.00 adalah waktu istirahat sampai jam 12.30 siang. Di waktu istirahat saya makan siang dan berdoa lagi kepada Tuhan. Saya pulang pada jam 2 siang setiap hari.

Saya biasanya beristirahat setelah belajar di sekolah, jadi di rumah saya hanya menikmati waktu bersama keluarga. Pukul 3.30 sore, saya berdoa lagi, dan bermain bersama teman saya. Saya pulang jam 5.30 sore untuk mandi. Karena saya seorang muslim, saya berdoa lagi pada jam 6 dan jam 7 malam. Setelah itu saya makan malam bersama keluarga dan akhirnya kami menonton TV bersama. Jam 9 malam, saya kembali ke kamar saya dan membuat pekerjaan rumah saya. Dan pada akhirnya, saya biasanya tidur jam 10 malam.


Contoh daily activity anak pesantren

 

Anak pesantren memang masih setingkat dengan anak sekolah atau pelajar. Akan tetapi, kondisi kehidupan yang mondok dan kebiasaan keduanya sangat berbeda. Berikut ini adalah contoh daily activity anak pesantren.

Hello, my name is Syukur. I study at Islamic high school, so my daily activity must be different with high school student. I wake up at 4.30 in the morning because at 4.45  I have to arrive at mosque and waiting for praying time.  I often reading Qur’an till 5 o’clock. At 5 o’clock, I pray together with my friends and my teachers.


At 05.15 - 05.45 I learn Arabic or English then at 05.45 - 06.00 we clean our school together. Next, at  06.00 till 07.15 , we prepare for school, so this time we do many thing like take a bath, eat, and clean. At 07.15 till 12.45 we study in the class.


We usually  have rest at 12.45 till 14.00. beside that, we also pray Dhuhur and eat lunch. At 14.00 - 15.00 we study again. After that, at 15.15 - 15.30  We pray Ashar and then we review Arabic or English that we study in the morning before.


I always love when clock show at 15.45 because We are free to do anything like exercise, wash my cloth, etc. But, we only have time till 16.45, because after that we have to clean our school again untill 17.00. Next, we taka a bath.
in 17.45 - 18.00 we go to mosque, and waiting for maghrib praying time. After pray, we reading Qur’an till 19.00 then eat dinner. At 19.30 till 20.00 we pray Isya'. Then we have to study by our sefl at 20.00 till  21.30. At the end, we sleep at 22.00 in the night.

Arti daily activity anak pesantren tersebut yaitu :

Halo, nama saya Syukur. Saya sekolah di Pesantren, sehingga kegiatan sehari-hari saya pasti berbeda dengan siswa sekolah menengah. Saya bangun jam 4.30 pagi karena jam 4.45 saya harus tiba di masjid dan menunggu waktu sholat. Saya sering membaca Qur'an sampai jam 5 pagi. Pada jam 5 pagi, saya bsholat bersama teman dan guru saya.

Pukul 05.15 - 05.45 saya belajar bahasa Arab atau Inggris kemudian pukul 05.45 - 06.00 kami membersihkan sekolah kami bersama-sama. Selanjutnya, pada  pukul 06.00 hingga 07.15, kami bersiap untuk belajar di kelas, jadi kali ini kami melakukan banyak hal seperti mandi, makan, dan membersihkan. Pukul 07.15 hingga 12.45 kami belajar di kelas.

Kami biasanya beristirahat pada pukul 12.45 hingga 14.00. Selain itu, kami juga sholat Dhuhur dan makan siang. Jam 14.00 - 15.00 kami belajar lagi. Setelah itu, pukul 15.15 - 15.30. Kami sholat Ashar dan kemudian kami meninjau bahasa Arab atau Inggris yang kami pelajari di pagi hari sebelumnya.

Saya selalu suka ketika jam menunjukkan pukul 15.45 karena Kami bebas melakukan apa pun seperti berolahraga, mencuci pakaian, dll. Tapi, kami hanya punya waktu hingga pukul 16.45, karena setelah itu kami harus membersihkan sekolah kami lagi hingga pukul 17.00. Selanjutnya, saya mandi sore.

Pukul 17.45 - 18.00 kami pergi ke masjid, dan menunggu waktu sholat maghrib. Setelah berdoa, kami membaca Qur'an hingga pukul 19.00 kemudian makan malam. Pukul 19.30 hingga 20.00 kami sholat Isya '. Kemudian kita harus belajar mandiri pada pukul 20.00 hingga 21.30. Akhirnya, kami tidur jam 22.00 malam.

 
Contoh Daily Activity Untuk Pelajar, Mahasiswa, Pegawai dan Artinya

Contoh daily activity mahasiswa

 

Daily activity mahasiswa lebih komples lagi dibandingkan dengan pelajar. Mahasiswa yang sibuk berorganisasi tentunya memiliki kehidupan dan rutinitas yang kompleks dibandingkan dengan mahasiswa yang hanya mengenal kampus dan kost/ tempat tinggal. Oleh karena itu, pada contoh ini akan membahas mengenai contoh daily activity mahasiswa yang memiliki kehidupan lebih berwarna.

My name is Robin. I usualy wake up at 8 am in the morning. As a college student, my daily activity is very flexible. Usually, after wake up in the morning, I take a bath and prepare for class. I arrive in my university at 9 am and then go to the class. 


After morning class, I will see the next class. Usually, if I don’t have class right after morning class, I go to my organization and look for thing to do. Usually, I sleep again. College student usually don’t have many class. The fact is there are many time but some time I waste it. I never go for exercice or date a girlfriend. I eat when I hungry, usually twice a day, sometimes once a day. 


Life as college student is hard, especially if you are poor. In the night, I gather up with my friends, watch film or football till next day in the morning. At the end, I sleep at 3 am in the morning.

Arti contoh daily activity mahasiswa dalam bahasa Indonesia :

Nama saya Robin. Saya biasanya bangun jam 8 pagi. Sebagai mahasiswa, kegiatan sehari-hari saya sangat fleksibel. Biasanya, setelah bangun di pagi hari, saya mandi dan bersiap untuk kelas. Saya tiba di universitas pada jam 9 pagi dan kemudian pergi ke kelas.

Setelah kelas pagi, saya akan melihat kelas berikutnya. Biasanya, jika saya tidak memiliki kelas setelah kelas pagi, saya pergi ke organisasi saya dan mencari hal yang harus dilakukan. Biasanya, saya tidur lagi. Mahasiswa biasanya tidak memiliki banyak kelas. Faktanya, ada banyak terkadang waktu itu saya sia-siakan. Saya tidak pernah pergi berolahraga atau berkencan dengan pacar. Saya makan ketika saya lapar, biasanya dua kali sehari, kadang-kadang sekali sehari.

Hidup sebagai mahasiswa sulit, terutama jika Anda miskin. Di malam hari, saya berkumpul dengan teman-teman, menonton film atau sepak bola sampai besok pagi. Pada akhirnya, saya tidur jam 3 pagi.


Contoh daily activity Pegawai / Karyawan

 

Kebiasaan sehari-hari karyawan atau pegawai biasanya monoton dibandingkan dengan kebiasaan mahasiswa. Perhatikan contoh daily activity karyawan berikut ini :


My name is Indah. As an employee at a company, my routine is not too different with a school student. I wake up in the morning at 5 o’clock, pray, eat and do some exercise. The next thing I do is take a bath, wear uniform and go to work.


Working time is so fun. Sometimes I busy, but sometimes I don’t know what I have to do. At 12 o’clock in the afternoon,  I eat, pray and talk with my friend. Then, at 1 o’clock I back to work till 5 o’clock. I usually pray Ashar after work. 


In the night, I spend time to watch TV, stalking some one on instagram, talking with my boyfriend, etc. of course, I eat too. I eat at 8 pm or 10 pm. Finally, I go to bedroom for sleep at 11 pm.

Arti contoh daily activity pekerja tersebut yaitu :

Nama saya Indah. Sebagai seorang karyawan di sebuah perusahaan, rutinitas saya tidak jauh berbeda dengan seorang siswa sekolah. Saya bangun di pagi hari jam 5 pagi, berdoa, makan, dan berolahraga. Hal berikutnya yang saya lakukan adalah mandi, memakai seragam dan pergi bekerja.

Waktu kerja sangat menyenangkan. Terkadang saya sibuk, tetapi terkadang saya tidak tahu apa yang harus saya lakukan. Pada jam 12 siang, saya makan, sholat, dan berbicara dengan teman saya. Kemudian, pada jam 1 saya kembali bekerja sampai jam 5 sore. Saya biasanya sholat  Ashar setelah bekerja.

Di malam hari, saya menghabiskan waktu untuk menonton TV, menguntit seseorang di instagram, berbicara dengan pacar saya, dll. Tentu saja, saya makan juga. Saya makan jam 8 malam atau 10 malam. Akhirnya, saya tidur di kamar jam 11 malam.


Contoh daily activity di rumah

 

Daily activity di rumah pada dasarnya sama dengan contoh daily activity saat libur. Biasanya isinya adalah kegiatan bersantai-santai. Adapula kebiasaan seseorang di rumah yang lebih sibuk dari biasanya. Untuk itu, perhatikan contoh daily activity di rumah berikut ini.


My name is indah. I will tell you my activity in my off day. 5 o’clock, I wake up, pray and meditate. 6 o’clock, I exercice. After that, I take a bath and call my friend to create plan. Usually, at 9 o’clock I meet my friend and we go to mall for shopping, go to salon and wath film in the cinema.


At praying time, I pray. Off day is time for free activity. I don’t want to think about work. I ejoy my off day to have fun, take good photo, eat some delicious food and etc. I come back home at 5 pm for take a bath. After that, I watch TV till 10 pm. I usually sleep at 12 in the midnight. Before sleep, I call my boyfriend.

Arti contoh daily activity hari libur tersebut yaitu :

Nama saya indah. Saya akan memberi tahu Anda aktivitas saya di hari libur saya. Jam 5 pagi, saya bangun, sholat dan bermeditasi. 6 jam, saya berolahraga. Setelah itu, saya mandi dan menelepon teman saya untuk membuat rencana. Biasanya, pada jam 9:00 pagi saya bertemu teman saya dan kami pergi ke mal untuk berbelanja, pergi ke salon dan menonton film di bioskop.

Ketika waktunya sholat, saya berdoa. Hari libur adalah waktu untuk aktivitas bebas. Saya tidak ingin memikirkan pekerjaan. Saya menikmati hari libur saya untuk bersenang-senang, mengambil foto yang bagus, makan makanan lezat dan lain-lain. Saya pulang ke rumah jam 5 sore untuk mandi. Setelah itu, saya menonton TV sampai jam 10 malam. Saya biasanya tidur jam 12 tengah malam. Sebelum tidur, saya menelepon pacar saya.

Contoh daily activity saat liburan

 

Akhirnya, libur telah tiba. Sebelum liburan, mungkin kita sudah merencanakan beragam aktivitas yang akan di lakukan. Pada saat liburan dilakukan, maka aktivitas tersebut perlu dicatat untuk bisa terus diingat dan diceritakan kepada kawan. Untuk menceritakan daily activity saat liburan, maka tetap menggunakan simple present tense, karena liburan tersebut adalah liburan yang sering dilakukan dan aktivitasnya umumnya tidak jauh berbeda.

My name is Rico. My family is rich, so we always go to Bali for vacation. My daily activity in Bali is so amazing. I wake up at 5 o’clock in the morning to see sunrise in kuta beach. After that we back to hotel and breakfast. After that, we drive to Ubud. After arrive in Ubud, we walk around and enjoy the moment.


In the afternoon, we eat lunch in the resort near  Ubud. I usually eat delicious lobster or another sea food. After lunch, we go to Garuda Wisnu Kencana, take photo and look for gift for my friends. After that we go to Tanah Lot and waiting for sunset. I really enjoy the sunset and after the sun is sets, I ussualy go for dinner. 


After dinner, we back to the hotel, and I ussualy see the picture we have taken all the day. After a very exhausted day, I go to sleep.

Arti contoh daily activity saat liburan tersebut yaitu :

Nama saya Rico. Keluarga saya kaya, jadi kami selalu pergi ke Bali untuk liburan. Aktivitas saya sehari-hari di Bali sangat menakjubkan. Saya bangun jam 5 pagi untuk melihat matahari terbit di pantai kuta. Setelah itu kita kembali ke hotel dan sarapan. Setelah itu, kami pergi ke Ubud. Setelah tiba di Ubud, kami berkeliling dan menikmati momen tersebut.

Pada siang hari, kami makan siang di resort dekat Ubud. Saya biasanya makan lobster lezat atau makanan laut lainnya. Setelah makan siang, kami pergi ke Garuda Wisnu Kencana, berfoto dan mencari oleh-oleh untuk teman-teman saya. Setelah itu kita pergi ke Tanah Lot dan menunggu matahari terbenam. Saya sangat menikmati matahari terbenam dan setelah itu, saya biasanya pergi untuk makan malam.

Setelah makan malam, kami kembali ke hotel, dan saya biasanya melihat foto-foto yang telah kami ambil sepanjang hari. Setelah hari yang sangat melelahkan, saya pergi tidur.

Berdasarkan contoh di atas, daily activity ditulis dengan simple present tense. Apakah ada contoh daily activity past tense ? mungkin saja ada. Daily activity past tense bisa saja bercerita tentang aktivitas seseorang ketika di masa lampau. Akan tetapi, hingga saat ini saya belum menemukan contoh daily activity yang menggunakan simple past tense.

0 Comments