Perbedaan AM dan PM dalam Bahasa Inggris Untuk Menunjukkan Waktu


Sering kali, ketika sedang menonton saluran televisi channel asing kita akan melihat jam tayang menggunakan AM atau PM. Misalnya, Fox Sports akan menayangkan pertandingan UFC pada pukul 09.00 AM. Sekarang timbul pertanyaan  09.00 AM itu pagi atau siang sih ? apa perbedaan AM dan PM dalam bahasa Inggris ?



Cara pengucapan waktu kita memang berbeda dengan orang asing yang menggunakan sistem AM dan PM. Di Indonesia kita menggunakan sistem 24 jam, sehingga kita semua tahu bahwa pukul 23.00 adalah malam hari dan pukul 11.00 adalah siang hari. 

Berbeda dengan orang asing sana, yang menyebutkan pukul 11.00 PM sebagai malam hari dan pukul 11.00 AM sebagai siang hari.

Sekarang, karena kita sedang belajar bahasa Inggris, maka tugas kita adalah memahami perbedaan itu dan bagaimana cara mengingatnya.

Perbedaan AM dan PM dalam Bahasa Inggris

Apa itu AM dan sejak kapan waktunya

 

Berdasarkan informasi yang serius AM adalah singkatan dari Ante Meridiem. Arti kata meridiem adalah siang, sehingga ante meridiem atau AM berarti “sebelum siang”. Nah, istilah AM ini digunakan untuk menyebutkan antara waktu pukul 00.01 tengah malam sampai dengan 11.59 siang.
Dengan demikian, kapanpun kita menemukan jadwal menggunakan AM, itu berarti sejak tengah malam hingga sebelum jam 12 siang. Singkatnya, AM digunakan pada pagi hari.

Untuk memudahkan penghafalan, saya biasanya menyebut AM sebagai “After Midnight” atau setelah tengah malam.

Contoh penggunaan AM dalam bahasa Inggris yaitu :
I always jogging at 6 am (saya selalu lari pagi saat pukul 6 pagi)
She ussualy breakfast at 7.00 am (dia biasanya sarapan pada jam 7 pagi)
My Father goes to work at 8.45 am (ayah saya pergi ke kantor pada pukul 8.45 pagi)

Apa itu PM dan sejak kapan waktunya

 

Berdasarkan informasi yang serius PM adalah singkatan dari Post Meridiem. PM adalah kebalikan dari AM, sehingga post meridiem atau PM berarti “setelah siang”. Nah, istilah PM ini digunakan untuk menyebutkan antara waktu pukul 12.01 tengah hari sampai dengan 11.59 tengah malam.

Dengan demikian, kapanpun kita menemukan jadwal menggunakan PM, itu berarti sejak tengah hari hingga sebelum jam 12 malam. Singkatnya, PM digunakan pada malam hari.

Untuk memudahkan penghafalan, saya biasanya menyebut AM sebagai “After Midnight” atau setelah tengah malam.

Untuk memudahkan penghafalan, ada orang yang biasanya menyebut  PM sebagai “paket malam” sehingga memudahkan ia tahu bahwa PM digunakan untuk menunjukkan waktu sebelum malam tiba.

Contoh penggunaan PM dalam bahasa Inggris yaitu :

I always go to the gym at 6 pm (saya selalu pergi ke tempat fitness pukul 6 sore)
She ussualy dinner at 7.00 pm (dia biasanya makan malam pada jam 7 malam)
My Father come home at 8.45 pm (ayah saya pulang ke rumah pada pukul 8.45 malam)

Penggunaan AM dan PM memang terkadang membingungkan. Bahkan arti aslinya pun membingungkan karena kita tidak memahami bahasa Latin. Untuk memudahkan penghafalan itu, maka setiap orang punya cara tersendiri. Saya sendiri selalu memplesetkan AM sebagai “after midnight” dengan demikian AM hanya digunakan di pagi hari. Secara otomatis, maka PM berarti waktu setelah itu.

0 Comments