Pusat Belajar Bahasa Inggris Online Gratis bagi Pemula

Active Voice dan Passive Voice - Kalimat Aktif dan Kalimat Pasif Bahasa Inggris


Apa itu Active voice dan Passive voice ?

Active Voice ( Kalimat Aktif ) Bahasa Inggris

Active voice  atau kalimat aktif adalah kalimat yang subjeknya berbuat sesuatu atau melakukan suatu pekerjaan. Dalam  bahasa Indonesia, kalimat aktif kita ketahui dengan adanya awalan “me-“ pada kata kerja atau awalan “ber-“ pada beberapa kata kerja lainnya.
Berikut ini adalah contoh active voice atau kalimat aktif :
I studied english in Pare last year ( saya belajar bahasa Inggris di Pare tahun lalu )
He reads book everyday ( dia membaca buku setiap hari )
She calls me ( dia memanggilku )
He catched a bear ( dia menangkap seekor beruang )
They won the match last night ( mereka memenangkan pertandingan tadi malam )

Kalimat di atas disebut sebagai kalimat aktif atau active voice karena subjek dari masing-masing kalimat secara aktif melakukan perbuatan yaitu “belajar”, “membaca”, “memanggil”, “menangkap”, dan “memenangkan”.


active voice dan passive voice

Passive Voice ( Kalimat Pasif ) Bahasa Inggris

Passive voice atau kalimat aktif adalah kalimat yang subjeknya dikenai pekerjaan atau menderita sesuatu. Dengan kata lain, subjek kalimat pasif menjadi sasaran kegiatan yang dinyatakan oleh kata kerja. Di dalam bahasa Indonesia, kalimat pasif kata kerja selalu berawalan “di-“. 

Untuk memahami kalimat pasiv, perhatikan contoh passive voice berikut ini :
English was studied by me in Pare last year ( Bahasa Inggris dipelajari oleh saya di Pare tahun lalu )
Book is read by him everyday ( buku dibaca oleh dia setiap hari )
I am called by her ( saya dipanggil olehnya )
A bear was catched by him ( seekor beruang ditangkap olehnya )
The match was won by them last night ( pertandingan dimenangkan oleh mereka tadi malam )

Dari contoh kalimat di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa untuk membentuk kalimat pasif ( passive voice ), kita dapat menggunakan kalimat aktif ( active voice ). Cara membentuk kalimat aktif menjadi kalimat pasive harus memenuhi beberapa persyaratan berikut ini :
  1. Kalimat aktif yang akan diubah menjadi kalimat pasif harus memiliki objek. Oleh karena itu, maka kata kerja yang digunakan haruslah kata kerja transitif ( kata kerja yang membutuhkan objek ).
  2. Subjek dalam kalimat aktive ( active voice ) akan menjadi objek dalam kalimat pasif ( passive voice ), sedangkan objek pada kalimat aktif akan menjadi subjek pada passive voice.
  3. Kata kerja dalam kalimat pasiv haruslah kata kerja bentuk ketiga ( Past Participle/ V3 ) yang didahului oleh To Be ( am, is, are, was, were, being, been ) yang diikuti oleh “by” yang berarti “oleh”. Penggunaan “by” bukan hal yang mutlak Jadi dapat dituliskan bentuk predikat kalimat pasif ( passive voice ) adalah : To Be + Past Participle (V3)
  4. Kalimat pasif ( Passive voice ) yang berbentuk continous, maka bentuk predikatnya adalah :To Be + being + Past Participle (V3)
  5. Susunan kalimat passive voice haruslah sesuai dengan tenses atau bentuk waktunya.
Demikianlah penjelasan singkat mengenai kalimat aktif ( active voice ) dan kalimat pasif ( passive voice ) dalam bahasa Inggris. penjelasan lebih lanjut mengenai passive voice akan dijelaskan pada tulisan lainnya.

No comments:

Post a Comment

Copyright © Belajar Bahasa Inggris. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design