Pusat Belajar Bahasa Inggris Online Gratis bagi Pemula

14 Fungsi Kata Kerja Bantu Modals dalam Bahasa Inggris

loading...

Pada tulisan sebelumnya mengenai pengertian modal, fungsi modal, ciri-ciri modal dan penggunaan modal telah disebutkan mengenai 16 jenis modal atau kata kerja bantu yang digunakan dalam bahasa Inggris. Pada kesempatan ini akan dijelaskan mengenai fungsi modal tersebut.

Ada 14 fungsi modal dalam bahasa Inggris yaitu fungsi conclusion meaning yang terbagi 2 yaitu menyatakan kemungkinan ( possibility ) dan menyatakan ketidakmungkinan ( impossibility ). Fungsi modal lainnya yaitu spontaneity meaning untuk menyatakan harapan atau doa ( wishes ), kemampuan ( ability ),  keharusan (necessity ) , larangan ( prohibition ), nasehat ( advisability ), saran ( suggestion ), pengharapan ( expectation ), kebiasaan lampau ( habit in the past ), pilihan ( Preference ), permintaan ( request ), izin ( permission ) dan semi modal .

Perlu kita tahu bahwa satu kata kerja bantu modal bisa memiliki lebih dari satu fungsi. Dan untuk menyatakan satu fungsi modal bisa dinyatakan dengan lebih dari satu macam kata kerja bantu modal. 

fungsi kata kerja bantu modal



Untuk memahami fungsi kata kerja bantu modal lebih jelas, maka berikut ini adalah penjelasannya.

1.    Fungsi menyatakan POSSIBILITY ( KEMUNGKINAN ) Kata kerja bantu modal


Fungsi possibility modal ini digunakan dalam 6 bentuk waktu atau tenses dan dalam 4 rumus kalimat. Untuk menjalankan fungsi menyatakan kemungkinan, ada 8 jenis kata kerja bantu modal yang bisa digunakan, yaitu:
a.     Can, could, may, might, should, dan ought to  yang berarti Mungkin
b.    Must dan will yang berarti Pasti

 

2.    Fungsi menyatakan IMPOSSIBILITY ( KETIDAKMUNGKINAN ) kata kerja bantu modal


Fungsi impossibility modal digunakan dalam 6 tenses dalam 4 bentuk kalimat. Berikut ini adalah kata kerja bantu modal yang berfungsi untuk menyatakan ketidak mungkinan :
a.    Can not, could not : berarti tidak mungkin
b.    May not, might not : berarti mungkin tidak
c.    Must not : berarti pasti tidak

 

3.    Fungsi modal untuk menyatakan harapan ( WISHES )


Fungsi modal ini digunakan pada 4 tenses dalam satu bentuk kalimat. Untuk menyatakan fungsi ini, kata kerja bantu modal yang digunakan adalah “may” yang berarti semoga.

 

4.    Fungsi modal untuk menyatakan kemampuan ( ABILITY )


Untuk menyatakan kemampuan,  ada 3 modal yang bisa digunakan yaitu “ can, could dan be able to” yang semuanya memiliki arti sama yaitu “ dapat / mampu / bisa “. Fungsi ability modal digunakan dalam 6 tenses dalam 2 bentuk kalimat.

 

5.    Fungsi menyatakan NECESSITY ( keharusan ) kata kerja bantu modal


Fungsi modal untuk menyatakan keharusan digunakan pada 6 tenses dalam 2 bentuk kalimat. Untuk menyatkan fungsi necessity ini, kata kerja bantu modal yang digunakan adalah :
a.    Must, have to, have got to, dan be to yang berarti harus
b.    Don’t have to dan needn’t yang berarti tidak harus atau tidak perlu

 

6.    Fungsi menyatakan PROHIBITION ( larangan ) kata kerja bantu modal


Fungsi ini digunakan pada  4 tenses dalam satu bentuk kalimat. Kata kerja bantu modal yang digunakan adalan “mustn’t” yang artinya tidak boleh.

 

7.    Fungsi menyatakan ADVISABILITY ( Nasehat ) kata kerja bantu modal


Untuk menyatakan fungsi advisability yang digunakan untuk memberikan nasehat, kata kerja bantu modal yang digunakan adalah “ should, ought to, had better, be supposed to “ yang berarti seharusnya, sebaiknya atau lebih baik. Fungsi kata kerja bantu ini digunakan pada 6 tenses dalam 2 bentuk kalimat.

 

8.    Fungsi memberikan SUGGESTION ( saran ) kata kerja bantu modal


Fungsi modal ini digunakan pada 6 tenses dalam dua bentuk kalimat. Kata kerja bantu yang digunakan adalah “could” yang diartikan “seharusnya, sebaiknya, lebih baik”

 

9.    Fungsi menyatakan EXPECTATION ( Harapan )


Untuk menyatakan fungsi pengharapan, maka yang digunakan adala Similar Expression of Modal ( SEOM ) atau kata bantu pengganti modal. Penjelasan mengenai SEOM bisa dibaca pada artikel lainnya. SEOM yang digunakan adalah “be to” yang memiliki arti “ diharapkan, berharap, ditakdirkan, dan dijadwalkan “. SEOM lainnya adalah “Be Supposed to” yang artinya “diharapkan, dipercaya, dijadwalkan”.

 

10.    Fungsi modal untuk menyatakan HABIT IN THE PAST ( kebiasaan di waktu lampau )


Fungsi ini digunakan pada dua tenses dalam satu bentuk kalimat. Kata kerja bantu modal yang digunakan adalah would dan used to yang berarti dulu terbiasa.

 

11.    Fungsi modal untuk menyatakan PREFERENCE ( Pilihan )


Untuk menyatakan fungsi ini, maka kata kerja bantu modal yang digunakan adalah “would rather” yang berarti lebih suka. Fungsi modal ini dinyatakan pada 6 tenses dan 4 bentuk kalimat.

 

12.    Fungsi kata kerja bantu modal  untuk menyatakan REQUEST ( Permintaan )


Fungsi ini digunakan dalam 4 tenses dan satu bentuk kalimat. Untuk menyatakan permintaan, maka modal yang digunakan yaitu :
a.    May,might, could dan can yang berarti bolehkah digunakan jika subjeknya adalah orang pertama tunggal dan ketiga tunggal.
b.    Will, would, could dan can yang berarti sudikah digunakan jika subjeknya adalah you.

 

13.    Fungsi kata kerja bantu modal untuk menyatakan PERMISSION ( Izin )


Fungsi modal untuk menyatakan izin ini digunakan pada 6 tenses dalam 2 bentuk kalimat. Modal yang digunkan adalah “ may, might, can, dan could” yang berarti boleh atau diizinkan. Selain itu, juga digunakan SEOM “Be allowed to” yang memiliki arti yang sama.

 

14.    Semi modal


Semi modal memiliki fungsi sebagai ordinary dan terkadang sebagai auxiliary sehingga disebut sebagi “ SEMI MODAL”. Semi modal adalah “ Need dan Dare”
Demikianlah penjelasan umum mengenai fungsi modal dan similar expression of modal. Penjelasan lebih lengkap mengenai fungsi-fungsi modal bahasa Inggris ini akan dijelaskan pada artikel lainnya secara lebih terperinci disertai dengan contoh kalimat.
Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Copyright © Belajar Bahasa Inggris. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design