Pusat Belajar Bahasa Inggris Online Gratis bagi Pemula

Adverb atau Kata Keterangan Dalam Bahasa Inggris

loading...
loading...

Pengertian adverb


Adverb atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan kata keterangan atau kata tambahan adalah kata yang digunakan untuk menerangkan arti kata kerja, kata sifat dan kata keterangan lainnya.

Adverb juga dapat kita artikan sebagai kata yang digunakan untuk mengartikan bagian dari tata bahasa ( part of speech ) yang mana saja kecuali kata benda ( noun ) dan kata ganti (pronoun).

Adverb juga dapat diartikan sebagai kata keterangan yang menjelaskan bagaimana caranya, kapan atau dimana suatu pekerjaan, tindakan, peristiwa  dan lain sebagainya dilakukan terjadi.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang adverb atau kata keterangan dalam bahasa Inggris, maka perhatikan baik-baik pembagian adverb berikut ini dan contohnya.

kata keterangan bahasa Inggris atau Adverb
Kata Keterangan Adverb

Pembagian Adverb


Adverb atau  kata keterangan secara umum dibagi menjadi 3, yaitu simple adverb, interogative adverb, dan  relative adverb.
Berikut ini sedikit penjelasan mengenai 3 pembagian adverb di atas:

 

Simple adverb

Simple adverb dibagi menjadi 5, yaitu :
  1.  Adverb of time, digunakan untuk menerangkan waktu. Contoh : Aan will go to Madiun tomorrow ( Aan akan pergi ke Madiun besok ).
  2. Adverb of place digunakan untuk menerangkan tempat. Contoh : Elok drinks coffe at home ( Elok minum kopi di rumah ).
  3. Adverb of manner, digunakan untuk menerangkan keadaan atau cara. Contoh: Ita must study hard ( Ita harus belajar dengan giat ).
  4. Adverb of frequency, digunakan untuk menyatakan frekuensi atau banyaknya suatu pekerjaan. Contoh : Dwi usually very busy ( Dwi biasanya sangat sibuk ).
  5. Adverb of affirmation, digunakan untuk menyatakan penegasan. Contoh : Norma is very sad indeed ( Norma sungguh sangat sedih ).
  6. Adverb of degree, digunakan untuk menyatakan taraf atau tingkatan. Contoh : I know her quiet well ( saya mengenalnya sangat baik ).
  7. Adverb of probability, digunakan untuk menyatakan kemungkinan atau kebolehan. Contoh : perhaps Agung is in the office ( mungkin Agung berada di kantor ).
  8. Adverb of negation, digunakan  untuk menyangkal atau memungkiri. Contoh: Luly will not come here ( Luly tidak akan datang ke sini ).

 

Relative adverb

Relative adverb adalah kata keterangan yang digunakan untuk menghubungkandua kalimat menjadi satu. Kata-kata yang terolong dalam relative adverb sebenarnya juga tergolong dalam interrogative adverb, hanya saja posisinya dalam kalimat berada di tengah bukan di awal kalimat.
Contoh relative adverb adalah “when, while, where, why, how, whence”. Berikut ini adalah contoh penggunaan relative adverb:
Silvi was studying when he came. ( Silvi sedang belajar ketika ia datang )
Do you know where he stay ? ( apakah kamu tahu dimana dia tinggal ?)

 

Interogative adverb

Interigative adverb terbagi menjadi 5, untuk lebih jelasnya perhatikan pembagiannya berikut ini:
  1. Interogative adverb of time digunakan untuk menyatakan waktu. Contoh : when do you go to Medan ? ( kapan kamu pergi ke Medan ?)
  2. Interogative adverb of place digunakan untuk menanyakan tempat. Contoh : where can I meet you ? ( di mana aku bisa menemuimu ? )
  3. Interogative adverb of number digunakan untuk menanyakan jumlah. Contoh : how often do you have breakfast ? ( seberapa sering kamu sarapan  ? )
  4. Interogative adverb of manner digunakan untuk menyatakan cara. Contoh: how are you today ? ( bagaimana kabarmu hari ini ? )
  5. Interogative adverb of cause or reason digunakan untuk menanyakan alasan atau penyebab. Contoh : why do you come here ? ( mengapa kamu datang ke sini ? )
Demikianlah penjelasan umum mengenai adverb atau kata keterangan dalam bahasa Inggris. Semoga dapat menambah wawasan kita mengenai kata keterangan adverb dan fungsinya dalam bahasa Inggris.

No comments:

Post a Comment

Copyright © Belajar Bahasa Inggris. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design