17 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris bagi Pemula

Saat ini, bahasa Inggris telah menjadi hal yang paling dibutuhkan di dunia. Ada beberapa alasan  mengapa orang banyak belajar bahasa Inggris, antara lain adalah untuk mencari pekerjaan, memperoleh beasiswa, atau bahkan hanya ingin terlihat keren. Sehingga tidak heran, banyak sekali orang yang berusaha mencari tahu cara belajar bahasa Inggris dengan cepat ataupun cara cepat belajar bahasa Inggris dengan mudah.

Ada banyak metode belajar bahasa Inggris yang bisa anda gunakan. Anda bisa mempelajari bahasa inggris secara otodidak, melalui kursus, ataupun belajar bahasa Inggris online. Anda juga bisa membaca buku cara mudah belajar bahasa Inggris yang bisa ditemukan di toko-toko buku tetapi tidak menjamin kemampuan bahasa Inggris anda.

Mempelajari bahasa asing yang baru sebenarnya bukanlah sesuatu yang sulit. Kita harus tahu  dan memahami hal itu dengan baik. Manusia diciptakan berbeda-beda dengan memiliki kemampuan yang tidak semuanya sama. Oleh karena itu, dalam mempelajari bahasa asing hal tersebut bisa juga terjadi tidak semua orang bisa cepat belajar bahasa Inggris dengan mudah.

Berikut ini, saya akan memberikan beberapa tips dan cara cepat untuk memepelajari bahasa Inggris sehingga bisa membantu anda untuk cepat belajar bahasa Inggris dan menguasai bahasa Inggris dengan mudah.

1. Luangkan waktu untuk menghafal

Jujur, saya sendiri sangat tidak menganjurkan seseorang ataupun diri saya sendiri untuk menghafal. Mengapa ? karena kapasitas otak manusia tidak diciptakan untuk menerima sesuatu sekaligus.  Kita akan mudah menghafal sesuatu, tetapi beberapa hari kemudian akan hilang.

Akan tetapi, jika anda pemula yang tidak tau apapun dan mempelajari bahasa Inggris dari nol, maka tidak ada pilihan lain. Anda harus menghafal setidaknya kata-kata yang umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari. 

tips belajar bahasa inggris bagi pemula


Mulailah untuk menghafal semua subjek (pronoun) seperti aku, kamu, dia, mereka,dan lain lain; kata kerja yang penting seperti makan, minum, mandi, melihat, berjalan, dan lain lain. Anda hanya butuh setidaknya satu minggu untuk menguasai 200 kata paling umum yang digunakan dalam kehidupan sehari hari. Saya akan membahas teknik menghafal dan mengingat kosa kata bahasa inggris pada postingan lainnya.

2. Perbanyak waktu anda untuk menguasai frasa
 
Jika anda telah selesai menghafal kata-kata paling umum dalam kehidupan sehari-hari, maka itu adalah saatnya anda untuk mulai menguasai frasa-frasa umum. Dalam kehidupan sehari-hari, anda akan menemukan ratusan frase. Jika anda menghafal 1000 kata bahasa Inggris, belum tentu anda bisa menyusun satu kalimat dengan baik dan benar. Tetapi, jika anda telah menghafal frase, itu artinya anda telah bisa membuat satu kalimat yang dimengerti oleh orang-orang.

3. Mencari tempat kursus

Beberapa orang mungkin tidak sanggup untuk mempelajari sesuatu sendirian tanpa ada yang mengarahkan. Jika anda termasuk tipe yang demikian, maka saya sarankan anda untuk mulai mencari tempat kursus di kota anda. Atau anda juga bisa mempertimbangkan untuk mengambil kursus di Pare, Kediri. Ada beberapa orang yang bisa menguasai bahasa Inggris dengan cepat hanya dengan mengikuti kursus di Pare selama 3 bulan.

4. Jangan malu

Karakter juga berpengaruh pada cepat tidaknya seorang pemula untuk cepat berbahasa Inggris. Orang yang pemalu umumnya akan lambat dalam mempelajari bahasa Inggris. Oleh karena itu, sikap ini harus dibuang jauh-jauh jika ingin menguasai bahasa Inggris dengan mudah.

5. Mulai membaca buku-buku percakapan bahasa Inggris/conversation

Sebagai pemula yang belum mengerti apapun, maka sebaiknya anda memulai dengan membaca buku conversation sehari-hari.  Jangan habiskan waktu anda dengan mebaca artikel-artikel atau majalah berbahasa Inggris tentang politik ataupun materi-materi berat lainnya yang hanya akan mematahkan semangat anda.

6. Tahan dulu niat anda untuk mempelajari grammar dan tata bahasa

Mempelajari grammar dan tata bahasa adalah hal yang belum anda perlukan jika anda tidak memiliki pengetahuan sama sekali tentang bahasa Inggris. Jadi, simpan dulu buku grammar anda untuk saat ini. Anda boleh membaca buku grammar anda jika anda telah mengerti dan paham maksud dari buku conversation atau buku percakapan bahasa Inggris yang sudah anda baca.

7. Jangan malu untuk praktek

Terkadang kita memang merasa malu untuk praktek bahasa Inggris kita. Kita takut salah, takut malu, takut dibilang sok dan takut lain-lainnya yang pada akhirnya hanya membuat kita berhenti dan tidak berkembang.

8. Tahan dulu niat anda untuk mendengar dan memahami musik dengan bahasa Inggris, apalagi film berbahasa Inggris.

Jika anda masih pemula, maka anda harus menahan keinginan anda untuk memahami musik dan menonton film berbahasa Inggris. Mengapa ? karena bahasa Inggris yang ada di dalam film dan di lagu-lagu barat meggunakan  bahasa-bahasa slank dan “ bahasa gaul” yang memiliki kesulitan cukup tinggi bagi pemula.

9.  Belajar bahasa Inggris melalui podcast

Kebanyakan orang yang belajar bahasa Inggris langsung pada grammar dan teori, tidak memiliki kemampuan listening yang baik. Hal ini terjadi karena mereka hanya mengetahui teori tanpa anda prakteknya. Untuk bisa menguasai bahasa Inggris dengan cepat, maka memulai dengan latihan listening adalah hal yang bagus. Tetapi, sekali lagi jangan menggunakan musik atau film. Anda bisa memulai dengan mendengar opera sabun ataupun dengan mendengar materi listening bahasa Inggris yng bisa anda temukan di internet dengan mudah. Tahukan anda mengapa Louis van Gaal meminta Angel di Maria untuk menonton opera sabun? Inilah alasan utamanya.
 
10. Mulai menyusun target

Untuk mengukur kemampuan anda, maka anda bisa dengan mulai membuat target perminggu. Jangan paksa diri dan kemampuan jika anda tidak sanggup untuk melakukannya. Misalnya, dalam jangka waktu satu bulan anda mulai membuat target untuk menguasai 200 kata paling umum di minggu pertama, di minggu kedua anda telah menguasai 500 kata umum dan 100 frase, di minggu ketiga anda telah bisa mengartikan percakapan dalam bahasa Inggris yang ada di buku conversation, dan di minggu keempat anda telah bisa berkomunikasi mengenai hal-hal dalam kehidupan sehari-hari.

11. Miliki satu kamus Indonesia-Inggris atau kamus Inggris –Indonesia

Sebagai pemula yang belum tahu apa-apa, keberadaan kamus wajib ada di meja belajar anda jika anda mempelajari bahasa Inggris. Kamus Inggris-Indonesia atau Indonesia-Inggris cukup membantu pembelajaran anda. Anda juga bisa mendownload kamus bahasa Inggris online di banyak situs-situs yang tersedia di internet. Atau, jika anda tidak memiliki waktu untuk membeli kamus, maka anda bisa menggunakan google translate untuk membantu anda.

12. Selalu berpikir positif

Ketika mempelajari bahasa asing yang baru, anda harus selalu berpikir positif. Sekali saja anda menyerah, maka semua pengorbanan uang ataupun tenaga anda akan habis sia-sia begitu saja. Anda tidak boleh menyerah sedikitpun menghadapi semua kendala yang anda hadapi.

13. Memiliki kesabaran ekstra

Meskipun judul artikel ini adalah cara cepat belajar bahasa Inggris, bukan berarti setelah membaca dan mempraktekkan semua tips dan cara menguasai bahasa Inggris dengan cepat di artikel ini akan membuat anda bisa berbahasa Inggris. Anda harus bersabar. Tidak anda yang cepat dari kesuksesan. Segalanya butuh waktu.

14. Belajarlah 4 jam perhari

Setelah beberapa kali mencari informasi dan sumber di internet yang saya peroleh dari beberapa orang yang menguasai lebih dari satu bahasa asing, mereka menyarankan bahwa untuk bisa menguasai satu bahasa asing anda membutuhkan setidaknya 400-1500 jam pelajaran, sesuai dengan kemamuan anda dan tingkat kesulitan bahasanya. Jadi, jika anda meluangkan 4 jam perhari, itu artinya ada akan mampu menguasai percakapan sederhana dalam waktu 100 hari.

15. Tanamkan dalam kepala anda bahwa belajar bahasa Inggris itu tidak sulit

Jika dibandingkan dengan bahasa-bahasa asing lainnya, saya berpendapat bahwa bahasa Inggris adalah bahasa yang paling mudah dipelajari. Tidak banyak konjugasi kata kerja seperti dalam bahasa Perancis dan bahasa Jerman, huruf yang mudah dibaca oleh orang Indonesia dibandingkan bahasa Jepang dan bahasa Mandarin, serta pola kalimat yang lebih mudah dibandingkan bahasa Arab.

16. Jangan pernah mengeluh

Kebanyakan orang yang baru mempelajari bahasa Inggris biasanya mengeluh “mengapa bahasa Inggris berbeda andtara tulisan dengan cara bacanya?” . Ejaan alphabet antara bahasa Indonesia dengan bahsa Inggris memang berbeda. Jika anda melihatnya dari sudut pandang orang Indonesia, maka anda akan berpikir orang Inggris salah mengucapkan alphabet. Tetapi, anda harus tahu bahwa Orang Iggrispun akan berpikir demikian ketika mempelajari bahasa Indonesia. bahasa Indonesia jauh lebih rumit dipelajari bangsa lain dan ada bahasa gaul serta bahasa alaynya.

17. PRACTICE MAKE PERFECT

Anda bisa memulai pelajaran bahasa Inggris anda dengan memahami arti dari tips ke-17 di atas.

Semoga tips-tips diatas bisa segera membantu anda menguasai bahasa Inggris dengan cepat. Anda harus mengingat juga bahwa cara cepat belajar bahasa Inggris bagi setiap orang berbeda-beda. Anda harus menemukan meode yang tepat untuk anda.

0 Comments